Sabtu, 13 November 2010

Administrasi Pendidikan

ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN

1. Dunn (1981) ; analisis Kebijakan adalah; Suatu proses untuk menghasilkan informasi mengenai masalah-masalah kemasyarakatan berikut tindakan dan pemecahannya
2. Patton (1986) ; Analisis Kebijakan adalah ; Suatu rangkaian proses dalam menghasilkan kebijakan.
3. Duncan MacRae (1976) Analisis Kebijakan adalah ;Suatu disiplin ilmusosial terapan yang menggunakan argumentasi rasional dengan menggunakan fakta-fakta untuk menjelaskan, menilai,dan membuahkan pemikiran dalam upaya memecahkan masalah publik.
4. Stokey & Zekhauses (1981) Analisis Kebijakan adalah ; Sebagai suatu proses rasional dengan menggunakan metode dan teknik yang rasional pula
5. Dr.Ace Suryadi dan Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, MSc.ed Membuat Kesimpulan : Sebagai cara atau prosedur dalam menggunakan pemahaman manusia terhadap dan untuk memecahkan masalah kebijakan.

DEFINISI KERJA ANALISIS KEBIJAKAN

1. Dunn dalam bukunya An Introduction to publik Policy Analysis : Disiplin ilmu sosial terapan yang menggunakan metode inquiri dan argumentasi berganda untuk menghasilkan dan mendayagunakan informasi kebijakan yang sesuai dalam suatu proses pengambilan keputusan yang bersifat politis dalam rangka memecahkan masalah kebijakan. Kata Kuncinya SBB :
a. Ilmu Sosial terapan
b. Menghasilkan dan mendayagunakan informasi
c. Metode Inquiri dan Argumentasi berganda
d. Penagmbilan keputusan yang sifatnya politis.

PENDEKATAN ANALISIS KEBIJAKAN

1. Pendekatan Deskriptif : Suatu prosedur atau cara yang digunakan oleh penelitian dalam ilmu pengetahuan ( baik ilmu pengetahuan murni maupun terapan) untuk menerangkan sesuatu gejala yang terjadi di masyarakat.
2. Pendekatan Normatif : Untuk membantu para pengambil keputusan dalam memberikan gagasan hasil pemikiran agar para pengambil keputusan dapat memecahkan masalah kebijakan.
3. Pendekatan Evaluatif : Sama dgn Deskriftif ( menerangkan apa adanya tentang hasil dari suatu upaya yang dilakukan oleh suatu kegiatan atau program

MODEL ANALISIS KEBIJAKAN MENURUT DUNN (1991;54-51) :

1. Model Prospektif :
Bentuk analissi kebijakan yang mengarahkan kajiannya pada konsekwensi kebijakan sebelum suatu kebijakan diterapkan.( prediktif)
2. Model restropektif :
Analisis kebijakan yang dilakukan terhadap akibat-akibat kebijakan setelah suatu kebijakan di implementasikan. (Evaluatif)
3. Model Integratif :
Perpaduan antara kedua model yaitu prospektif dan restropektif ( Komprehensif atau Holistik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar